Macam-macam Panca Indera Sekaligus Fungsinya

Manusia secara normal hidup sudah dibekali dengan panca Indra yang semuanya memiliki fungsi sendiri-sendiri. Panca artinya lima sehingga kita hidup telah dilengkapi dengan lima indra yang saling melengkapi.

5 Panca Indera (Fisiologi) : Fungsi, Gambar, Bagian Lengkap

Macam-macam Panca Indera Sekaligus Fungsinya

Nah, pada artikel kesehatan kal ini kita akan membahas tentang macam-macam dan juga fungsinya. Tak perlu berlama-lama lagi, inilah penjelasannya:

  1. Indra Penglihatan

Pertama, kita ini memiliki indra penglihatan atau yang biasa kita sebut dengan mata. Ya, kedua mata ini masuk dalam indra yang penting karena kita bisa melihat indahnya dunia dengan sangat mudah.

Mata memiliki berbagai rangkaian seperti kornea, pupil  retina dan lain sebagainya. Mata bisa melihat karena ada cahaya yang dipantulkan oleh berbagai benda ke mata melalui kornea.

Cahaya yang masuk ke dalam mata ini diatur oleh pupil yang bisa membesar dan juga mengecil sesuai dengan kenyamanan kita. Kemudian, bayangan mengenai barang yang kita lihat ini akan disalurkan ke retina sebagai “layar” penerima.

Bayangan yang diterima ini juga akan diubah menjadi impuls saraf sehingga dapat terbaca oleh otak kita. Oleh karena itu, kita bisa mengidentifikasi berbagai benda sekitar.

  • Indra Peraba

Berikutnya adalah indra peraba yang berupa kulit yang penuh akan syaraf. Ya, kulit akan menerima rangsangan baik sentuhan, suhu, tekanan, dan juga getaran. Saat rangsangan ini jatuh ke indra peraba maka sel syaraf di sana akan mengirimkannya ke otak untuk diidentifikasi.

Oleh karena itu, Anda bisa merasakan rasa sakit saat dicubit, panas saat terkena sinar matahari, dingin saat terkena air hujan, dan lain sebagainya.

  • Indra Pengecap

Berikutnya adalah Indra pengecap yaitu berupa lidah. Indra ini punya fungsi untuk mengidentifikasi berbagai rasa seperti manis, asin, pahit, dan juga asam. Rasa-rasa ini diidentifikasi oleh taste bud atau organ sensoris intraepitalial.

Taste bud ini ditemui paling banyak di lidah namun juga ditemukan di epiglotis, kerongkongan, dan rongga hidung. Lidah bagian ujung sangat peka dengan rasa manis, bagian pinggir depan peka terhadap rasa asin.

Kemudian, di bagian pinggir belakang peka terhadap rasa asam dan paling belakang peka terhadap rasa pahit. Untuk rasa pedas sendiri merupakan sensasi dari iritasi yang disebabkan oleh senyawa kapsaisin.

  • Indra Pendengaran

Kemudian, yang selanjutnya adalah indra pendengaran yang merupakan telinga. Proses pengiriman suara ke otak ini cukup rumit di mana suara akan masuk ke telinga bagian luar yang ditangkap oleh daun telinga.

 Kemudian gelombangnya masuk ke gendang telinga, dan getarannya akan diterima oleh telinga tengah. Suara ini dideteksi oleh sel-sel rambut yang ada di organ corti yang kemudian dikirim ke otak salam bentuk impuls listrik

  • Indra Penciuman

Terakhir yaitu indra penciuman yang diperankan oleh hidung di mana bisa mencium berbagai aroma. Indra penciuman ini sangat erat kaitannya dengan olfactory left di mana pada ujung syarafnya ini  bisa mengirimkan sinyal ke otak. Oleh karena itu, Anda dapat mengidentifikasi berbagai bau yang berbeda-beda.

Bukan berarti mereka yang punya Kelimanya bisa saja mengalami masalah dan tentunya akan mengganggu aktivitas. Untuk itu, Anda bisa membaca beberapa artikel kesehatan mengenai gangguan dan juga cara mengatasinya hanya di SehatQ. Tak hanya itu saja, di SehatQ Anda bisa melakukan konsultasi, pemesanan rumah sakit, pembelian obat dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*